SITU BAGENDIT GARUT

March 9, 2019
Info Wisata

SITU BAGENDIT GARUT-, Garut adalah sebuah wilayah di jawa barat yang sangat kental akan nuansa trasidionalnya yang khas. Pemandangan pegunungan yang indah, danau-danau yang penuh dengan ikan berbagai macam. Udara yang masih bersih dan sejuk akan menjadi beberapa alasan kenapa kamu perlu berliburan ke garut. Garut kaya tempat wisata ada banyak tempat wisata salah satunya Situ Bagendit

Adalah sebuah objek wisata di garut bertema wisata alam yang terletak di Desa Bagendit, Kecamatan banyuresmi, Kabupaten garut. Objek wisata ini bisa di jadikan alternatif liburan keluarga karena telah tersedia beberapa fasilitas bermain untuk anak-anak seperti kereta api mini yang berada tepat di pinggir danau. Untuk menikmati pemandangan alam dengan background hamparan air danau di tengah pedesaan yang sejuk dan damai.

Banyak aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di situ bagendit diantaranya menikmati pemandangan alam. Selfi di tengah danau, Mengelilingi danau menggunakan rakit tradisional yang terbuat dari bambu atau menggunakan sepeda air, Tersapat sebuah warung yang bisa pengunjung jadikan sebagai tempat peristirahatan sejenak sambil menikmati kelapa muda di tengah danau.

Bagi yang memiliki hobi memancing, Di sini bisa melakukan aktivitas memancing secara gratis sepuasnya. Jenis ikan banyak di temukan di danau adalah ikan nila dan ikan gabus. Rekomendasi umpan untuk yang ingin memancing ikan nila sebaiknya menggunakan lumut sawah. Di sekitar situ banyak yang berjualan umpan lumut sawah sehingga akan lebih memudahkan pengunjung yang hobi mancing untuk melakukan aktivitas mancing ikan nila disini.

CERITA LEGENDA SITU BAGENDIT GARUT

Menurut warga sekitar legenda Situ Bagendit ialah terdiri atas 2 suku kata yaitu situ yang artinya danau dan bagendit berasal dari Nyai Endit, Ceritanya bahwa dahulu kala di sebuah desa terpencil ada seorang janda muda yang kaya raya yang sangat pelit, Serakah, Tamak dan kikir terhadap warga desa itu. Nyi endit tidak pernah mau memberikan sedikitpun bantuan dan tak segan-segan mengusir para warga yang meminta bantuanya.

Suatu ketika datang seorang kakek-kakek tua rentang datang dengan membawa sebuah tongkat di tangannya. Kakek tua itu datang untuk meminta air kepada Nyai Endit. Bukannya air yang ia dapat melainkan pukulan dan hinaan dari Nyai Endit Saat itu sang kakek tua yang sudah tak berdaya karena di pukuli oleh Nyi Endit bangkit lalu menancapkan tongkat yang ia bawa, Saat di cabut kembali tiba-tiba menyemburlah air dari lubang bekas tongkat itu di tancapkan dan pada saat itu pula kakek-kakek itu menghilang.

Semakin lama semburan airnya semakin deras saat warga berlarian menyelamatkan diri Nyi Endit sibuk menyelamatkan semua harta bendanya. Tanpa ia sadari air sudah menggenangi seluruh desa. Dan akhirnya Nyi Endit yang tidak bisa menyelamatkan dirinya tenggelam bersama harta bendanya. Desa yang hanya tergenang air kini telah berubah menjadi sebuah danau dan warga desa yang selamat menamainya dengan Situ Bsagendit.

Salam Wisata Garut Bersama Garut Trip Agent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *