Wisata Proses Pembuatan Minyak Akarwangi

May 28, 2019
Info Wisata

Wisata Proses pembuatan Minyak Akarwangi-. Minyak akarwangi (vetiver Root Oil/Andropogon Zizanioides), Merupakan salah satu komoditas khas unggulan daerah kabupaten garut yang relatif masih baru. Sebagai mana halnya dengan teh hijau dan tembakau yang merupakan bagai dari sub-sektor perkebunan. Minyak akar wangi mempunyai prospek yang cerah untuk terus dikembangkan karena mempunyai keunggulan komparatif dan kompetitif serta masih terbukanya pangsa pasar. Baik Pasar domestik maupun pasar luar negri.

Tentang Wisata Proses Pembuatan Minyak Akarwangi

Jadi buat anda yang ingin berliburan ke kota garut Jangan khawatir karna kota garut banyak tempat wisata. Bukan hanya dodolnya saja yang terkenal minyak akar wanginya juga terkenal bahkan udah terkenal luas. Anda juga dapat melihat langsung menyaksikan proses pembuatan minyak akar wangi.

Budidaya akarwangi di kabupaten garut didasarkan pada keputusan bupati kabupaten garut nomor : 520/sk.196-HUK/96 tanggal 6 agustus 1996. Yang diantaranya menetapkan luas areal perkebunan akarwangi dan pengembangan oleh masyarakat seluas 2.400 Ha dan tersebar di empat kecamatan. Yaitu kecamatan samarang seluas 750 ha, Kecamatan bayongbong seluas 210 ha, Kecamatan cilawau seluas 240 ha, Kecamatan leles seluas 750 ha.

Dari luas areal pengembangan tersebut. Luas yang di garap pada setiap tahunnya mencapai rata-rata 12.400 ha dengan menghasilkan minyak akarwangi rata-rata sebanyak 54 ton. Kegiatan pengembangan akarwangi melibatkan 4.027 orang anggota masyarakat (Kepala keluarga). Yang terdiri dari 1.964 orang sebagai pemilik dan 2063 orang sebagai petani/penggarap.

Masyarakat Indonesia lebih mengenal akar wangi sebagai bahan kerajinan tangan. Padahal, keharuman akar wangi yang bisa bertahan hingga tahunan ini bisa disuling menjadi minyak akar wangi yang laku di pasar luar negeri.

Bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan baku pembuat minyak yaitu akar tanaman. Akar yang digunakan sebagai bahan baku diperoleh dari tanaman berumur 9-12 bulan.

Untuk cara pembuatannya sendiri, setelah dipanen akar tanaman vetiver dicuci hingga bersih dan dijemur hingga kering atau kadar airnya berkisar 10-15%. Selanjutnya, minyak akar wangi dapat dibuat dengan cara disuling.

Salam Wisata Garut Bersama Garut Trip Agent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *