Wisata Kerajinan Akar Wangi

May 29, 2019
Info Wisata

Wisata Kerajinan Akar Wangi-, Garut salah satu pusat penghasil akar wangi di sunia, Selain haiti, Amerika tengah dan bourbond, Prancis. Kerajinan akara wangi di garut tergolong baru berkembang namun memiliki daya saing cukup baik. Karena garut memiliki bahan baku yang berlimpah.

Akar wangi biasanya disuling dan minyaknya digunakan sebagai bahan pengikat utama untuk minyak wangi maupun produk kosmetika lainya. Saat ini akar wangi mulai di kembangkan menjadi berbagai bentuk kerajinan, Mulai dari peralatan rumah tangga sampai dengan hiasan rumah.

Tentang Wisata Kerajinan Akar Wangi

Tahukah anda? Garut bukan hanya terkenal dengan dodol ataupun kerajinan kulitnya. Kerajinan tangan yang tak kalah menarik adalah kerajinan akar wangi. Akar wangi memiliki nama ilmiah vetiveria zizanioide. Tanaman ini merupakan rumput yang dimanfaatkan bagian akarnya. Dinamakan akar wangi karena memang mengeluarkan aroma yang khas.

Selain di manfaatkan dalam industri minyak atsiri, Beberapa kerajinan tangan dari akar wangi juga tak bisa di pandang sebelah mata. Kerajinan akar wangi dari garut memiliki keunggulan di banding pruduksi akar wangi di daerah lain.

Kerajinan akar wangi dari Garut ini sangat beragam dan unik. Ada yang dibentuk menyerupai domba, kupu-kupu, orang utan, sampai belalang. Juga ada tudung saji, taplak meja, hingga keranjang payung. Selain bentuknya yang kreatif, semerbak aroma wanginya pun khas dan bisa membuat ruangan menjadi harum.

Saat ini kerajinan akar wangi sedang gencar-gencarnya membuat model sejadah dan peci yang dikombinasikan dengan batik Garutan sehingga lebih menambah “rasa Garut” nya. Kerajinan yang berbentuk sejadah dan peci ini bisa membidik pasar di Timur Tengah dan menjadi produk ekspor yang sangat laku di pasaran.

Salam Wisata Garut Bersama Garut Trip Agent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *