Bangklung Kesenian Tradisional Kota Garut

May 30, 2019
Info Wisata

Bangklung Kesenian Khas Kota Garut-, Kota Garut merupakan salah satu kota yang di kelilingi oleh pegunungan. Gak heran kalo kota garut udaranya sangat sejuk dan juga dapat terbilang kaya tempat wisata yang populer di kalangan wisatawan. Dari mulai wisata alam, Wisata budaya dan sampai wisata pemandian air panas. Jadi buat anda gak usah kebingungan mencari tempat liburan gak usah keluar kota. Cukup ke kota garut pasti tempat wisatanya memanjakan mata anda dan bikin nyaman berada di kota garut. Dan anda juga harus tau kesenian tradisional kota garut salah satunya Bangklung :

Tentang Bangklung Kesenian Tradisional Kota Garut

Keseenian bangklung merupakan perpaduan dua buah kesenian tradisional yakni kesenian terebang dan kesenian angklung badud. Biasanya kesenian ini di pentaskan pada

  • Khitanan anak

Yang sebelum anak akan di sunat biasanya terlebih dahulu diarak dengan iringan musik / kesenian bangklung yang di kenal dengan istilah ngaleunggeuh

  • Panenan padi

Jenis kesenian/tabuh-tabuhan ini dapat di gunakan di dalam acara kegiatan mengangkut padi untuk di simpan di lumbung, Yang kita kenal dengan istilah ampih pare.

  • Syukuran

Kesenian ini dapat di pakai di dalam acara kegiatan setelah acara hajatan selesai, Dengan iringan musik/Kesenian bersifat arak-arakan, Istilah ini dapat kita kenal upacara miceun runtah.

  • Hiburan

Kesenian ini dapat pula di pentaskan pada upacara penyambu8tan para tamu. Adapun alat kesenian bangklung yang di gunakan terdiri dari beberapa waditra-waditra (alat-alat).

Bangklung” merupakan salah satu jenis kesenian tradisional yang bernafaskan Islam. Bentuk kesenian ini lahir, tepatnya di daerah Babakan Garut – Desa Cisero – Kec. Cisurupan.
Sehubungan dengan penduduk di daerah itu mayoritas beragama Islam, maka bentuk kesenian yang lahir pun tidak terlepas dari pengaruh keagamaan yang dianut masyarakatnya. Sehingga selain berfungsi sebagai bentuk hiburan, seni Bangklung juga dipergunakan untuk media dakwah.
Dalam penampilannya, Yami Rudat ini dilengkapi dengan tarian-tarian rakyat yang gerakannya bersumber pada Pencak Silat. Salah seorang tokoh yang terkenal saat itu bernama Mad Amsir. Dalam perkembangannya kemudian, mereka menciptakan alat musik (waditra) baru yang mirip dengan Rebana
Salam Wisata Garut Bersama Garut Trip Agent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *