Seni Tradisional Kota Garut Badeng

May 30, 2019
Info Wisata

Seni Tradisional Kota Garut Badeng-, Kesenian tradisional BADENG diciptakan pada tahun 1800 yaitu di jaman para wali. Kesenian ini mula-mulanya diciptakan oleh seorang tokoh penyebar agama islam bernama ARFAEN NURSAEN yang beradsal dari daerah banten. Yang kemudian terus menetap di kampung sanding kecamatan malangbong kabupaten garut. Beliau di kenal masyarakat di sana dengan sebutan Lurah Acok.

Tentang Seni Tradisional Kota Garut Badeng

Pada suatu saat dia pergi menuju suatu perkampungan di daerah malangbong dan di tengah jalan beliau menemukan sesuatu benda. Yang bentuknya panjang bulat terbuat dari bambu serat dengan tidak sadar maka benda itu di bawanya ke rumah dan bambu tersebut di buat suatu alat yang bisa mengeluarkan bunyi.

Pada saat itu juga ARFAEN mengumpulkan para santri dan mereka di suruhnya membuat alat-alat lainnya. Yang terbuat dari bambu-bambu yang sudah tua untuk memadukan bunyinya dengan alat yang Arfaen buat tadi dan kemudian bambu-bambu tersebut di susun di buat sedemikian rupa sehingga dapat mengeluarkan suara yang nyaring dan di cobanyalah semua.

Alat-alat itu di tabuhkan /dibunyikan maka terdengar irama musik. Kalu masa kini yang sangat enak didengar ditambah dengan nyanyian-nyanyian yang beriramakan sunda buhun dan arab/solawatan.

Maka sejak saat itulah Lurah Acok memberikan nama Kesenian Badeng yang artinya ?Badeng? adalah dari kata Bahadrang yaitu musyawarah berunding dengan suatu alat kesenian. Badeng adalah suatu jenis kesenian sebagai media untuk menyebarkan agama Islam pada waktu itu.

Salam Wisata Garut Bersama Garut Trip Agent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *