Permainan Khas Sunda Egrang

June 12, 2019
Info Wisata

Permainan Khas Sunda Egrang-, Istilah lain : Jajangkungan, Egrang, Tolegar atau petikteuk.

Jajangkungan merupakan salah satu permainan rakyat yang di kenal di bumi priangan sejak jaman dahulu. Perangkat permainannya terbuat dari 2 batang bambu yang bagian bawahnya ada pijakan kaki yang tingginya 40 cm dari permukaan tanah. Untuk memainkannya dibutuhkan sedikit keterampilan terutama dalam hal menyatur keseimbangan tubuh.

Tentang Permainan Khas Sunda Egrang

Egrang ialah media olah raga / Permainan tradisional yang terbuat dari 2 batang bambu bersama ukuran selengan orang dewasa. Sedangkan untuk tumpuan bawah bambunya agak gede. Permainan ini telah tak asing lagi, Meskipun di beraneka ragam daerah di kenal dengan nama tidak sama beda. Ketika ini pun telah sejak mulai susah di dapatkan, Baik di desa ataupun di kota, Permainan egrang sendiri telah ada sejak dulu disaat & adalah permainan yang membutuhkan keterampilan & keseimbangan  badan.

Kalo menceritakan permainan tradisional jaman dahulu pasti gak bakaln ada habis-habisnya Karna banyak permainan khas sunda yang sekarang langka di temukan.

Egrang yaitu permainan tradisional indonesia yang belum didapati dengan cara tentu dari mana asalnya. Namun bakal di jumpai di beranekan ragam daerah dengan nama berbeda-beda.

Permainan egrang sendiri amat sangat unik sebab amat di butuhkan keterampila & keseimbangan badan apabila menaikinya, Maka itu tak seluruh orang baik orang dewasa ataupun anak-anak sanggup main-main egrang. Bentuk egrang disesuaikan dengan pemakainya pas bersama usia si pemakai, Apabila yang main-main orang dewasa sehingga pembuatannya juga panjang&tinggi, sedangkan untuk anak-anak wujud & ukurannya serta pendek.

Egrang terbuat dari batang bambu dengan panjang kurang lebih 2,5 m. Seputar 50 senti meter dari bawah, dibuat lokasi berpijak kaki yang rata denngan lebasr sekitar 20 centimeter.

Salam Wisata Garut Bersama Garut Trip Agent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *