Permainan Tradisional Sumpit

June 13, 2019
Info Wisata

Permainan Tradisional Sumpit-, Sumpit merupakan salah satu permainan rakyat yang di kenal di bumi priangan sejak jaman dahulu. Sumpit dapat juga di pergunakan sebagai senjata berburu, Perangkat permainan terbuat dari batang bambu kecil yang lurus. Anak sumpitnya di sebut paser yang terbuat dari lidi tajam atau kawat besi dengan penyeimbang berupa kapuk/kapas/kain. Dimainkan dengan cara ditiup.

Tentang Permainan Tradisional Sumpit

Sumpit selama ini di kenal  dengan salah satub senjata tradisional yang sering di gunakan oleh suku dayak di kawasan kalimantan. Selain bahan pembuatannya yang berasal dari alam, Sumpit juga memiliki keunggulan pada tingkat akurasi tembak mencapai sekitar 200 meter.

Dilihat dari bentuknya, Sumpit memiliki bentuk bulat dengan panjang sekitar 1,5 sampai 2 meter dan berdiameter sekitar 2-3 centimeter. Sementara untuk jenis kayu yang di gunakan untuk pembuatan sumpit umumnya dari jenis kayu tampang. Ulin, Tabalien, Plek, Dan kayu resak.

Di kalimantan sendiri, Sumpit dijadikan sebagai ajang perlombaan. Seperti di festival erau, Tenggarong, Kalimantan timur, Terdapat lomba sumpit yang membuat festival ini tambah meriah.

Tujuan dari di gelarnya lomba sumpit ini sebagai pelestarian kebudayaan suku kutai dan dayak yang tersebar di seluruh kabupaten kutai kartanegara.

Fungsi sumpit bukan lagi untuk berburu atau untuk berperang melainkan diperlombakan pada olahraga-olahraga daerah. Menjadi nomor olahraga yang diperhitungkan pada setiap pertandingan yang selenggarakan di daerah. Olahraga sumpit tidak jauh berbeda dengan olahraga yang lainnya seperti olahraga tembak atau olahraga panah. Biasanya untuk sasarannya dibuat lingkaran dari karton atau kertas. Peserta lomba berlomba-lomba untuk mengenai lingkaran yang telah dibuat dengan jarak yang telah ditentukan oleh panitia lomba.

Salam Wisata Garut Bersama Garut Trip Agent

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *