Tenun Ikat Sutera Alam Khas Garut

June 14, 2019
Info Wisata

Tenun Ikat Sutera Alam Khas Garut-, Industri sutera alam di kabupaten garut ada sejak jaman belanda yang dipelajari oleh bapak H. Aman sahuri (almarhum) Dan kini di teruskan oleh putranya. Sutera garut menjadi pelopor industri sutera di tanah air hingga kabupaten garut mendapat upakarti. Sutera garut menjadi komoditas unggulan karena kualitasnya sangat baik.

Tentang Tenun Ikat Sutera Alam Khas Garut

Gak cuman kerajinan dari kulit domba aja di kota garut. Ada banyak pengrajin di kota garut dari mulai pengrajin akar wangi, Pengrajin bulu unggas, Pengrajin batik tulis, Salah satunya pengrajin tenun ikat sutera khas garut.

Sejak dahulu garut sudah terkenal sebagai saerah penghasil sutera, Mulai dari bahan sutera hingga tenun sutra. Setelah mati suri sekian lama, Industri tenun garut mulai bangkit. Hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan industri tenun di kawasan tersebut dalam satu setengah tahun terakhir. Saat ini, Industri tenun garut telah menunjukan peningkatan dan inovasi yang berbasis kreativitas.

Garut sudah terkenal sebagai daerah penghasil sutra, mulai dari bahan sutra hingga tenun sutra. Kini, pewarnaan tenun Garut sudah bervariasi dan para perajin terus berinovasi menciptakan produk fashion yang mengikuti perkembangan zaman.

Motif khas tenun Garut berbentuk geometris dan bunga-bunga berukuran besar. Untuk melestarikan warisan budayanya, Kampung Tenun yang terletak di Desa Panawuan itu diresmikan sebagai daerah sentra Tenun di Garut.

Selain bisa menikmati keindahan alam di Garut, kita juga dapat melihat lebih dekat kain tenun sebagai warisan budaya, pengembangan industri kreatif, dan meningkatkan pendapatan masyarakat Garut,” tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, yang meresmikan Kampung Tenun pada Rabu (27/05/2012).

Salam Wisata Garut Bersama Garut Trip Agent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *