Jaipong Tarian Khas Dari Masyarakat Sunda

Jaipong Tarian Khas Dari Masyarakat sunda-, Jaipong adalah salah satu jenis tarian Tradisional khas masyarakat Sunda, Jawa Barat. Jaipong merupakan gabungan antara seni tradisi Karawang seperti pencak silat, Topeng banjet, Wayang golek, Ketuk tili dan lain-lain. Tahun 1976, Jaipong tumbuh pesat dimulai dengan adanya rekaman instrumen sederhana yang terdiri dari. Gendang, Goong, Ketuk, Sinden atau juruh kawih. Jaipong pada saat ini menjadi hiburan alternatif dari seni tradisional yang berkembang di kawasan Karawang, Seperti pencak silat, Wayang golek dan sebagainya.

Tentang Jaipong Tarian Khas Dari Masyarakat Sunda

Jaipong dikembangkan berdasarkan kesenian rakyat yang sudah berkembang sebelumnya seperti Ketuk Tilu. Ciri khas dari Tari Jaipong ini adalah musiknya yang menghentak. Di mana alat musik kendang terdengar paling menonjol selama mengiringi tarian.

Pada pertunjukannya, tarian ini  biasa di mainkan oleh para penari secara perorangan, berpasangan atau berkelompok. Gerakan dalam tarian ini merupakan tarian atraktif dengan gerakan yang dinamis. Dengan gerakan dominan antara tangan, bahu, pinggul yang di gerakan secara lincah dan dinamis. Pada saat menari secara berpasangan atau berkelompok, penari menari menari dengan gerakan yang padu antara penari satu dengan penari lainnya. Selain itu barisan atau formasi yang di lakukan secara berpindah – pindah akan menambah keindahan pada tarian tersebut. Dalam pertunjukan tari juga di iringi dengan music tradisional degung dengan alat music seperti kendang, gong, saron, kecapi dan lain – lain.

Saat ini Tari Jaipong biasa disebut dengan kesenian dari Jawa Barat, karena pada acara penting di Jawa Barat, tarian Jaipong ini ditampilkan untuk menghibur para tamu yang datang ke Jawa Barat.

Salam Wisata Garut Bersama Garut Trip Agent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *